Wednesday, September 11, 2013

Penyebab Leptop Cepat Panas dan Download Software Pengurang Panas Leptop

Hy selamat malam semua Sahabat ILMU BLOGGER pada kesempatan malam ini saya akan memposting tentang ILMU KOMPUTER untuk menambah pengetahuan kita tentang dunia komputer dan bisa mengatasi apa bila ada Trouble / masalah.

Nah disini saya memposting hal yang menarik yang mungkin ada dari para sahabat yang belum tau akan semua itu yaitu Penyebab Penyebab Leptop Cepat Panas.Ok mengapa saya memposting tentang penyebab penyebab leptop cepat panas??? itu karna anda tau sendiri apa bila leptop cepat panas itu ketika digunakan kurang nyaman,dan bisa juga menjadi lelet serta yang paling berbahaya adalah cepatnya Hang.
Memang sihh sebenarnya penyebab leptop cepat panas itu adalah sedikit besar karna mulai debu, sampai yang mengutak atik dengan overclock
Tetapi disini saya akan memberikan informasi yang lebih untuk anda mengapa Leptop anda cepat sekali panass dan kurang / bahkan tidak enak untuk digunakan.Nah berikut informasinya :

1.Jangan sekekali memainkan leptop anda di atas tempat yang empuk. Contoh seperti : Sofa,kasur, dll. Usahakanlah pada saat main anda letakan ditempat yang datar dan mudah menyerap panas. 

2.Gunakan Cooling Pad. Walaupun memang cooling pad ini tidak terlalu berpengaruh, mungkin hanya beberapa derajat untuk mengurangi panas tetapi usahakan lah menggunakan peralatan Cooling Pad ini.

3.Jika anda seorang pencinta game,maka anda saya sarankan untuk bermain game menggunakan Leptop bermainlah menggunakan Komputer/ PCanda saja, Mengapa demikian? karna hal ini disebabkan oleh kekuatan dan kemampuan laptop tidak bisa disamakan dengan kemampuan Komputer / PC anda apalagi dalam hal game.Game tentunya membutuhkan performa dan spesifikasi tinggi, dan kinerja hardware yang tinggi. Kinerja yang tinggi inilah yang menyebabkan laptop cepat panas. Namun pada laptop tertentu, memang ada yang di desain untuk bermain game.Contoh yang saya ketahui (Leptop Asus dan Alien Ware)

4.Bersihkan debu yang ada dileptop anda karna debu yang banyak itu akan menghalangi sirkulasi udara, dan udara akan menetap dan akhirnya panas pun terhalang oleh debu dan tidak bisa keluar.
Untuk solusi Bongkar laptop dan bersihkan debu termasuk pada kipas.

5. Periksa kipas pada prosesor, jika kipas cenderung pelan, maka ini bisa menjadi kemungkinan penyebab pemanasan berlebih. Bersihkan kipas dari debu dan beri sedikit pelumas pada bagian tengahnya. Lalu anda bisa lihat di BIOS berapa putaran kipas. Putaran yang bagus adalah 3000 rpm.  

6. Periksa Thermal Pasteanda karna thermal paste yang sudah mengeras tidak bisa / kurang menghantarkan panas, jadi ini bisa dikatakan salah satu penyebab penting pemanasan berlebih pada laptop. Thermal paste berfungsi untuk menghantarkan panas baik pada GPU atau pada prosesor. Belilah di toko computer atau accessoris thermal paste yang kualitasnya bagus. Belilah Thermal Paste jenis Metal Based, karena ini menggunakan partikel-partikel logam kecil. Namun biasanya jenis ini memiliki masalah penghantar listrik yang berbahaya. Untuk jenis thermal paste, anda bisa googling dan cari jenis dan merk yang terbaik.

7.Untuk yang ke7 adalah memperhatikan waktu pemakaian / penggunaan leptop anda,Jangan memakai laptop terlalu lama, karena tentu saja akan panas. Pakailah laptop 1-3 jam saja tetapi saya pun bisa lebih karna keasikan hehehe.


8.Arus yang masuk pada prosesor terlalu tinggi. (Namun bisa diturunkan dengan software)
Solusi : Download program CPUID Hardware Monitor. Software ini mampu memunculkan informasi berupa kecepatan kipas, suhu hardisk, cpu, dll.

Nah Kebetulan saya juga sudah upload Program CPUID Hardware Monitornya jika ingin mendownload silahkan klik link yang sudah saya sediakan KET : (tunggu 5 detik lalu klik skip ad)

Download Hwm Monitor [Klik Here]

Nah itulah tadi sedikit informasi untuk semua sahabat ILMU BLOGGER semoga bermanfaat bagi semua,jangan lupa ya sebelumnya tadi saya memposting tentang : Cara membuat Widget Lucu untuk selamat datang di Blog  jagan lupa kunjungi juga yaa dan follow ILMU BLOGGER salam!

1 comment:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com