Saturday, February 22, 2014

Sejarah Microsoft Windows

Assalamualaikum wr.wb. Selamat pagi,siang,malam semua sahabat Syahdan Share dimanapun berada pada kesempatan sebelumnya saya sudah memposting sebuah artikel yang berkategorikan Pembelajaran Photoshop yaitu "Pengenalan lebih dalam pada Adobe Photoshop" dan pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang berketegori Sejarah Teknologi yaitu "Sejarah Perjalanan Microsoft Windows dari Dahulu Hingga  Sekarang".Nah dari judulnya pun sudah menarik bukan? Kita sebagai Pengguna Sistem Operasi Windows akan lebih menarik jika kita mengetahui sejarahnya :) yuk kita simak baik baik sahabat semua :).

Apa itu Microsoft Windows? Microsoft Windows adalah SISTEM OPERASI untuk menjalankan suatu komputer.Awal mula diluncurkannya windows sampai dengan sekarang bermula dari Gates dan Allen pada tahun 1975-1980 yang membentuk kemitraan yang disebut Microsoft. Microsoft berfokus pada sistem operasi software baru yang mengelola, atau menjalankan, perangkat keras komputer dan juga berfungsi untuk menjembatani kesenjangan antara perangkat keras komputer dan program, seperti pengolah kata.Ini adalah fondasi dimana program komputer dapat berjalan. Mereka nama sistem operasi baru mereka “MS-DOS.” Ketika IBM PC yang menjalankan MS-DOS kapal pada tahun 1981, itu memperkenalkan bahasa baru untuk masyarakat umum. Mengetik “C:” dan perintah samar secara bertahap berbagai menjadi bagian dari pekerjaan sehari-hari. Dan menemukan backslash (\) kunci.MS-DOS efektif, tetapi juga membuktikan sulit dipahami bagi banyak orang. Harus ada cara yang lebih baik untuk membangun sebuah sistem operasi.Apa kepanjangan dari MS-DOS adalah singkatan dari Microsoft Disk Operating System. Dari sinilah mulai diluncurkan windows yang mudah dipahami dan selalu berkembang setiap zamannya. Disini akan dipaparkan perkembangan windows dari awal hingga yang
paling update.


Awal-awal Versi Windows:

1.Windows 1.0 (Diluncurkan pada 20 November 1985)
Gambar Windows Versi 1.0 by Syahdan Share
Ini adalah Versi pertama Microsoft Windows Versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang populer di pasaran.Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, tapi hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis. Selain itu, Windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan yang sama yang dimiliki oleh MS-DOS.Pada awalnya Windows versi 1.0 ini hendak dinamakan dengan Interface Manager, akan tetapi Rowland Hanson, kepala bagian pemasaran di Microsoft Corporation, meyakinkan para petinggi Microsoft bahwa nama "Windows" akan lebih "memikat" konsumen.

2.Windows 2.0 (Diluncurkan pada 9 Desember 1987)
Windows versi 2 pun muncul kemudian pada tanggal 9 Desember 1987, dan menjadi sedikit lebih populer dibandingkan dengan pendahulunya. Windows 2.0 mendapatkan keuntungan, karena dapat menggunakan prosesor terbaru pada tahun itu, yaitu Intel 286 Prosesor, dengan memory yang lebih besar, dan fitur komunikasi antar aplikasi dengan menggunakan Dynamic Data Exchange (DDE). Dengan peningkatan dukungan grafis ini, pengguna sekarang dapat mengatur besar kecil ukuran jendela dan penambahan dukungan untuk keyboard.
                                                                Gambar Windows Versi 2
3.Windows 2.1 (Diluncurkan tidak lama setelah Windows 2.0)
Selanjutnya, dua versi yang baru dirilis, yakni Windows/286 2.1 dan Windows/386 2.1. Seperti halnya versi Windows sebelumnya, Windows/286 menggunakan model memori modus real, tapi merupakan versi yang pertama yang mendukung High Memory Area (HMA). Windows/386 2.1 bahkan memiliki kernel yang berjalan dalam modus terproteksi dengan emulasi Expanded Memory Specification (EMS) standar Lotus-Intel-Microsoft (LIM), pendahulu spesifikasi Extended Memory Specification (XMS) yang kemudian pada
akhirnya mengubah topologi komputasi di dalam IBM PC. Semua aplikasi Windows dan berbasis DOS saat itu memang berjalan dalam modus real, yang berjalan di atas kernel modus terproteksi dengan menggunakan modus Virtual 8086, yang merupakan fitur baru yang dimiliki oleh Intel 80386.

Pembaharuan ke Windows dengan Kesuksesan dengan Windows 3.0

4.Windows 3.0 (Diluncurkan pada tahun 1990)
Gambar Windows Versi 3.0 by Syahdan Share
Microsoft Windows akhirnya mencapai kesuksesan yang sangat signifikan saat menginjak versi 3.0 yang dirilis pada tahun 1990. Selain menawarkan peningkatan kemampuan terhadap aplikasi Windows, Windows 3.0 juga mampu mengizinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak (multitasking), karena memang pada versi ini telah diperkenalkan memori virtual. Versi ini pulalah yang menjadikan IBM PC dan kompatibelnya penantang serius terhadap Apple Macintosh.

5.Windows untuk Work groups (Diluncurkan pada tahun 1992)
                                                    Gambar Windows Versi Work Group
Versi Windows disertai TrueType font yang pra-instal. Hal ini secara efektif untuk pertama kalinya Windows membuat sebuah desktop publishing platform fungsional. Sejak Windows 3.0, Adobe Type Manager (ATM) sistem font dari Adobe sudah mulai berfungsi. Versi ini juga berisi skema warna bernama Hotdog Stand, yang berisi warna cerah merah, kuning dan hitam. Skema warna ini dirancang untuk membantu orang-orang yang buta warna saat melihat teks / gambar pada layar monitor.

6.Windows 95 (Diluncurkan pada Tahun 1995)
                                                           Gambar Windows versi 95
Windows 95 sudah terintegrasi dengan 32-bit TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) dan sudah mendukung jaringan Internet, dial-up networking, dan dukungan Plug and Play, dimana kita bisa menginstall Device dengan hanya mencolok kabel hardwarenya. Versi 32 bit dari Windows 95 terdapat peningkatan kapabilitas multiedia, fitur yang lebih kaya untuk mobile computing, dan Networking yang sudah diintegrasikan.

7.Windows 98 (Diluncurkan pada 25 Juni 1998)
                                                           Gambar Windows Versi 98
Microsoft merilis sebuah sistem operasi Windows baru, yang dikenal sebagai Windows 98. Windows 98 dianggap sebagai revisi minor terhadap Windows 95, tapi secara umum dilihat jauh lebih stabil dan dapat diandalkan dibandingkan dengan pendahulunya, Windows 95. Windows 98 mencakup banyak driver perangkat keras baru dan dukungan sistem berkas FAT32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar dari 2 gigabyte, sebuah batasan yang terdapat di dalam Windows 95. Dukungan USB di dalam Windows 98 pun juga jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya.

8.Windows 2000 (Diluncurkan pada 17 Februari 2000)
                                                            Gambar windows versi 2000
Microsoft merilis Windows 2000 pada 17 Februari 2000, sebuah versi yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Windows NT 5.0 atau "NT 5.0". Versi Windows 2000 ditujukan untuk dua pangsa pasar, yakni pangsa pasar workstation dan juga pangsa pasar server.

9.Windows ME[Millennium Edition] (Diluncurkan pada bulan September tahun 2000)
                                                            Gambar windows versi ME
Microsoft memperkenalkan Windows Millennium Edition (dikenal juga dengan sebutan Windows Me atau Windows ME). Versi ini memperbarui Windows 98 dengan dukungan multimedia dan Internet yang lebih baik. Versi ini juga memasukkan fitur "System Restore," yang mengizinkan para penggunanya untuk mengembalikan keadaan sistem ke sebuah titik yang dikenal baik-baik saja, pada saat sistem operasi mengalami kegagalan.

10.Windows XP[eXPerience] (Diluncurkan pada 2001)
                                                                 Gambar Windows XP
Windows XP membawa hawa segar bagi dunia komputer. Peningkatan dari Windows 2000, Windows XP membawa reliabilitas tinggi, keamanan, dan performa. Dengan tampilan yang segar,Windows XP tersedia dalam beberapa versi yaitu:
-Windows XP Home Edition                  -Windows XP Home Edition N
-Windows XP Professional                    -Windows XP Professional N
-Windows XP Media Center Edition      -Windows XP Starter Edition
-Windows XP Tablet PC Edition            -Windows XP Professional x64 Edition
-Windows XP Embedded                      -Windows XP 64-bit Edition

11.Windows Vista (Diluncurkan pada 30 November 2006)
                                                            Gambar Windows Vista
Windows Vista adalah versi terbaru Microsoft Windows, yang memiliki sistem operasi berbasis grafis yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun media center.

12.Windows 7 (Diluncurkan pada 22 Oktober 2009)
                                                                  Gambar Windows 7
Rilis selanjutnya setelah Windows Vista adalah Windows 7, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna. Saat pertama kali dirilis, Windows ini memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600, yaitu perbaikan dari Windows Vista dimana saat rilis pertama memiliki kernel NT 6.0 build 6000.

13.Windows 8 (Diluncurkan pada 29 Februari 2012)
                                                                  Gambar Windows 8
Pengembangan Windows 8 dimulai sebelum Windows 7 diluncurkan pada tahun 2009. Tanggal 13 September 2011, build 8102 (Windows 8 Developer Preview) dirilis ke publik.Build ini terbuka penuh untuk pertama kalinya dan dilengkapi Start Screen baru, antarmuka pengguna Metro dan sejumlah sampel aplikasi buatan para karyawan magang di Microsoft. Pada tanggal 29 Februari 2012, Microsoft meluncurkan Windows 8 Consumer Preview, versi beta dari Windows 8, build 8250.

Nah itulah tadi artikel dari syahdan share yang berketegori Sejarah Teknologi dan semoga semua menyimak baik baik artikel ini dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang Microsoft Windows.Jangan lupa tinggalkan komentar ya dan +1 Pada artikel ini ya terima kasih. Salam SyahdanShare.

17 comments:

  1. bisa dicoba juga ni gan...
    jangan lupa mampir gan
    www.jansenmanullang.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. saya dari dulu menggunakan windows gan. Salam hangat gan dari http://skybet188.org/

    ReplyDelete
  3. perjalanan panjang awal windows, menarik sekali

    ReplyDelete
  4. Nice and very helpful information i have got from your post. Even your whole blog is full of interesting information which is the great sign of a great blogger.

    Toshiba - Satellite 15.6" Laptop - 8GB Memory - 750GB Hard Drive - Mercury Silver

    Toshiba - Satellite 15.6" Laptop - 4GB Memory - 500GB Hard Drive - Satin Black (C55A5243NR)

    ReplyDelete
  5. Nice and very helpful information i have got from your post. Even your whole blog is full of interesting information which is the great sign of a great blogger.

    Toshiba - Satellite 15.6" Laptop - 8GB Memory - 750GB Hard Drive - Mercury Silver

    Toshiba - Satellite 15.6" Laptop - 4GB Memory - 500GB Hard Drive - Satin Black (C55A5243NR)

    ReplyDelete
  6. thanks man for sharing this i really like your blog and i am also providing this information about this and if You are interested to want get more about it then Click here

    ReplyDelete
  7. sejarah mircrosop memang sangat menarik untuk di simak gan :)

    di tunggu kumenan balinya " irman herbal

    ReplyDelete
  8. microsof memang perusahan yang sangat besar dan menakjubkan, sukses selalu buat mircrosop

    and coment balik yah min :) obat penyakit vertigo

    ReplyDelete
  9. Pasang iklan kami di blog anda

    kunjungi :
    http://riskyakbarweb.blogspot.com/2014/04/iklan.html

    ReplyDelete
  10. terima kasih infonya gan.....
    infonya sangat bermamfaat dan enak dibaca......
    salam kenal dan salam sukses....
    mantap...

    ReplyDelete
  11. Selamat malam, Kunjungan dari Hermanbagus sahabat blogger lama, bagaimanakah kabar sobat? masih sering postingkah? semoga sehat selalu menyertai sobat :) lagi memulai bw nih sob, salam blogger Hermanbagus :)

    ReplyDelete
  12. makasih yah atas informasinya, jangan lupa kunjungi blog aku juga.
    QUEENXXX92

    ReplyDelete
  13. perusahaan terbesar di dunia ini, di lihat dari sejarah memang keren, thanks sudah share..

    ReplyDelete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com