Thursday, May 2, 2013

Inikah Padang Pasir Paling Mematikan di Dunia?

Inikah Padang Pasir Paling Mematikan di Dunia?

Selalu ada misteri yang tersimpan di hamparan padang pasir. Di Namibia, ada kawasan padang pasir yang paling mematikan bagi wisatawan. Benarkah?

Taman Nasional Namib-Naukluft, tepatnya di tengah Gurun Pasir Namibia, memiliki 2 tempat yang dianggap paling mematikan. Tempat itu adalah Sossusvlei dan Dead Vlei atau yang berarti Rawa Mati.

Di Sossusvlei, tidak ada hamparan pasir atau tanah, melainkan tanah liat dan menjadi kawasan paling kering di taman nasional ini. Dari Atlas Obscura, Kamis (2/5/2013) tanah liat di sana juga mengandung garam, yang membuatnya makin kering.

Saat panas, tanahnya jadi keras dan gersang. Ketika disiram hujan atau basah, tanah ini jadi lengket, layaknya tanah liat yang diberi air. Setiap 5-10 tahun sekali, kawasan ini dialiri air dari Sungai Tsauchab. Sossusvlei menjadi ujung perjalanan dari aliran sungai tersebut.

Setiap air yang melewati kawasan tersebut, bisa dengan cepat mengering diserap oleh tanah tersebut. Tak heran jika Sossusvlei dijuluki sebagai "tempat tanpa jalan kembali".

Tak jauh dari sana, ada juga Dead Vlei yang dikelilingi bukit pasir dengan tinggi 900 meter ini. Rawa ini tidak hanya mengabisi aliran air sungai tapi juga pepohonan yang kebetulan hidup di sana. Tentu pohon-pohon tersebut akan mati karena keringnya tanah tersebut.

Namun, saking panasnya, bahkan batang pohon di sana tak bisa membusuk. Akhirnya, berdirilah batang-batang pohon mati yang sudah sangat mengering, yang menambah kesan dramatis dari kawasan tersebut.

Diperkirakan, pohon-pohon yang ada di sana sudah berumur lebih dari 1.000 tahun. Sedangkan dulunya, Sungai Tsauchab juga melewati kawasan itu. Tapi karena perubahan cuaca ekstrem, gundukan pasir pun terbentuk dan memutus aliran sungai ke sana. Ini otomatis menjadikan kawasan Dead Vlei semakin tandus dan mematikan.

Jika penasaran, Anda pun bisa menengok langsung kawasan ini. Jaraknya sekitar 70 km dari pintu masuk taman nasional. Salah satu momen terbaik yang bisa didapat di sini adalah saat sunrise atau sunset. Juga saat malam jika ingin menikmati kerlip bintang. Sebagai salah satu kawasan dengan langit paling bersih di dunia, melihat fenomena langit akan sangat sempurna di sini.

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com