Thursday, February 21, 2013

Cara Reset BIOS Komputer tanpa ribet

Apakah Anda pernah melakukan reset BIOS? Artikel Cara Reset BIOS Komputer, Tanpa Sulap Sulip ini akan membahasanya. Reset BIOS memiliki fungsi untuk mengembalikan fungsi BIOS ke mode default. Hal ini dapat digunakan untuk menghilangkan password yang disetting melalui BIOS atau dengan tujuan clear BIOS lainnya.
Inilah beberapa fungsi dari reset BIOS sebelum kita belajar cara reset BIOS komputer :
  1. Reset BIOS dibutuhkan jika terjadi kesalahan dalam pengaturan BIOS sehingga diperlukan mengembalikan BIOS dalam seting awal.
  2. Saat melakukan upgrade atau downgrade prosesor. Penggantian prosesor dapat menyebabkan motherboard tidak dapat bekerja. Hal ini disebabkan oleh setting BIOS lama masih membaca bus clock dan ratio prosesor yang lama. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pada motherboard terbaru telah terdapat fitur autodetection
  3. BIOS Komputer terpassword baik karena lupa maupun di password teman yang sedang iseng. Clear password merupakan cara termudah untuk menghilangkan password yang telah dibuat.
Reset BIOS merupakan pengetahuan dasar bagi seorang teknisi komputer. Saya rasa pembaca Tips-Komputer.Com telah mengetahui cara reset BIOS komputer. Tetapi tidak ada salahnya jika kita tulis kembali untuk membantu teman-teman yang belum bisa melakukan Reset BIOS.
Oh, iya sebelum kita lanjutkan ada 10 Ebook Teknisi Komputer untuk Anda. Ebook teknisi PC, Laptop, Jaringan, Motherbord, Printer, Hardisk, Monitor LCD, Power Supply, BIOS dan Panduan Windows 7 terupdate ditambah dengan berbagai ebook lainnya ada disini. Mau? Download Ebooknya sekarang juga!

Cara Reset BIOS Komputer, Tanpa Sulap Sulip

  1. Lepaskan komputer dari sumber listrik dengan cara mencabut kabel power dari stop kontak dan juga silakan cabut kabel power 24 pin (kabel power supply) dari motherboard komputer Anda.
  2. Silakan tunggu beberapa saat agar listrik benar-benar hilang dari motherboard Anda. Untuk mempercepatnya Anda dapat menekan tombol power komputer agak lama. Hal ini dimaksudnya untuk menghabiskan seluruh tegangan sisa yang tersimpan di beberapa komponen komputer seperti condensator electrolit pada motherboard.
  3. Pada badan motherboard silakan cari tombol atau jumper yang terdapat tulisan CLR CMOS. Biasanya terdapat dekat dengan baterai CMOS. Jumper clear CMOS ini biasanya terdiri dari 2 jenis yaitu ada yang menggunakan 2 pin atau 3 pin. Jika menggunakan tombol, tekan tombol clearnya. Namun, jika tipe jumper 3 pin, sialkan Anda pindahkan posisi jamper ke sisi lainnnya. Dan untuk tipe jumper 2 pin, Anda tinggal menjumper kedua pin tersebut. Jika Anda tidak memiliki jumper Anda dapat menshortkan kedua pin tersebut menggunakan obeng standar, saya sendiri biasanya menggunakan ujung ballpoint. Intinya adalah agar kedua pin terjadi short. Tunggu beberapa saat.
  4. Kemudian kembalikanlah posisi jumper ke posisi semula. Cabut jumper untuk tipe 2 pin atau kembalikan jumper ke tempat sebelumnya untuk yang menggunakan 3 pin.
  5. Pasang kembali kabel power suppler 24 pin ke motherboard kemudian hubungkan kembali kabel power ke stop kontak.Silakan tekan tombol power untuk menyalakan komputer, apabila reset BIOS berhasil maka setting BIOS akan kembali ke mode default.Jika masih belum berhasil silakan ulangi cara diatas, apabila belum berhasil juga silakan :
  • Lakukan langkah 1-2 dan kemudian cabut baterai BIOS baru lakukanlah kembali langkah ke 3-5.
  • Apabila belum sukses juga silakan ulangi langkah 1-2, dan cabutlah semua kabel power supply pada motherboard, lepaslah baterai BIOS & Memory (RAM) Komputer. Stelah itu silakan ulangi langkah ke 3-5.
  • Langkah terakhir jika semua cara tersebut belum berhasil juga adalah kembali lakukanlah langkah ke 1-2, dan silakan lepaskan semua komponen yang ada pada motherboard yaitu Processor, RAM dan juga Card lainnya seperti VGA Card, Sound Card dan lainnya. Lalu bersihkan motherboard dari kotoran kemudian ulangi langkah 3 diatas, kali ini diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu baru ulangi langkah 3-5.
Cara reset BIOS komputer
Nah, demikianlah artikel TTips Komputer tentang Cara Reset BIOS Komputer, Tanpa Sulap Sulip ini semoga bermanfaat untuk kita semua. Amin. Terima kasih atas kunjungan Anda.

2 comments:

  1. mau nanya nih biar ngilangin disk usage pake cara ini bisa gak?

    ReplyDelete
  2. Agen TOGEL 4DPOIN,Online Terpercaya.
    Minimal Deposit Dan Withdraw 20.000
    Keterangan Lebih Lanjut, Anda Bisa Hubungi Disini.
    * Pin BBM : D1A279B6
    * Pin BBM : 7B83E334
    * Whatsapp : +85598291698
    * Skype : Poin.4D
    * Line : +85598291698

    ReplyDelete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com