Friday, December 7, 2012

Info tentang Processor Intel Core i7



Intel Core i7 Processor merupakan prosesor keluaran terbaru dari Intel. Intel mengklaim bahwa Processor ini merupakan processor tercepat didunia. Prosesor ini dianggap Intel sebagai perubahan terbesar abad ini dalam bidang arsitektur prosesor. Prosesor Intel Core i7 dibuat dengan desain mikro arsitektur yang baru dan efisien dalam penggunaan energi. Prosesor dengan kode nama Nehalem dan diberi nama Intel Core i7 ini merupakan penerus Intel Core Micro architecture. Ia ditujukan untuk pangsa pasar desktop kelas atas.


Nehalem micro-architecture family


Arsitektur Core i7




Nehalem adalah keluarga micro-arsitektur prosesor Intel generasi terbaru dan revolusioner yang dibuat dengan menggunakan proses transistor 45nm dan Hi-K metal-gate. Nehalem  diharapkan dapat memperkuat jajaran mikroarsitektur Intel Core, meningkatkan performa secara signifikan, penghematan energi lebih baik, dan kemampuan untuk menghadirkan fitur server di desktop, sejalan dengan kemampuan Intel untuk memimpin pasar dengan teknologi 45nm. Nehalem memiliki banyak fitur yang baru dan berbeda jika dibandingkan dengan keluarga prosesor berbasis Core micro-architecture (Core 2 Duo, Core 2 Quad). Nehalem memiliki 4 inti, namun nantinya ia akan memiliki inti yang lebih banyak lagi. Memang prosesor dengan 4 inti alias quad core bukanlah barang baru. Meskipun begitu, selama ini Intel memproduksi prosesor quad core-nya menggunakan teknik menggabungkan dua buah dual core pada satu kemasan. Nehalem yang telah diluncurkan Intel, keempat intinya terletak pada satu die. Dengan kata lain Nehalem tersebut merupakan native quad core processor alias benar-benar 4 inti.


Fitur

  • 4 core (quad-core), 8-thread
  • Cache memory tiga level (64KB L1 Cache, 256KB L2 Cache & 8MB Shared L3 Intel® Smart Cache yang Menyediakan performa yang lebih tinggi, lebih efisien cache subsystem. Industri yang dioptimalkan untuk multi-threaded games.
  • Integrated Memory Controller, yang mendukung hingga 3-channel DDR3 1066/1333MHz memory, 2-DIMM per channel. Kontroler memori ini lebih rendah dari latency memori bandwidth tinggi dan memberikan performa luar biasa untuk aplikasi data-intensif.
  • Intel® Quick Path Interconnect technology.

Quick Path Interconnect (QPI) merupakan teknologi interkoneksi antara prosesor dengan chipset yang menggantikan teknologi Front Side Bus (FSB) yang digunakan pada generasi prosesor Intel sebelumnya. Teknologi QPI ini memberikan kecepatan dan bandwidth koneksi yang jauh lebih besar daripada teknologi FSB.

  • Intel Turbo Boost Technology

Intel Turbo Boost Technology adalah teknologi yang secara otomatis memungkinkan setiap core pada prosesor berbasis Nehalem untuk berjalan pada clock yang lebih tinggi dari spesifikasi apabila kita menjalankan program aplikasi single-threading sehingga kinerja yang dicapai sama baiknya dengan aplikasi yang telah multithreading.

  • Intel Streaming SIMD Extensions (SSE) 4.2
  • Intel Hyper-Threading – teknologi Thread aplikasi sangat memungkinkan untuk mendapatkan lebih banyak pekerjaan dilakukan secara paralel. Dengan 8 thread yang tersedia untuk sistem operasi, multi-tasking menjadi lebih mudah
  • Intel HD Boost – signifikan dalam meningkatkan berbagai computer multimedia dan aplikasi-intensif.

Saat ini ada 3 jenis processor Core i7 yaitu





1 comment:

  1. Terimakasih bro!! Sangat bermanfaat banget artikelnya...
    http://indrasadistic.blogspot.com/
    http://cbs-bogor.net/
    http://www.kaffah.biz/

    ReplyDelete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com