Friday, August 30, 2013

Pengertian , Kelebihan dan kekurangan Stop Motion Animasi / Stop Action ( Clayton )

Stop Motion berasal dari dua katz yaitu stop dan motion yang berarti berhenti dan gerakan. Stop Motion dikenal juga sebagai Stop Action atau frame-by-frame adalah teknik animasi untuk memanipulasi objek sehingga terlihat bergerak sendiri sesuai dengan keinginannya.
Objek bergerak sedikit demi sedikit diantara frame-frame difoto, menciptakan ilusi gerakan ketika frame-frame tersebut dimainkan sebagai suatu rangkaian yang berkelanjutan. Jadi animasi stop motion adalah teknik membuat animasi atau film atau movie yang dibuat selolah olah potongan potongan gambar menjadi saling terhubung satu sama lain sehingga membentuk suatu gerakan atau cerita.
animasi stop motion
Dalam dunia film kita pasti tahu tentang Slow Motion, nah klo Stop Motion apakah artinya? Stop Motion terdiri dari dua kata yaitu STOP yang berarti berhenti dan MOTION yang berarti gerakan / bergerak. Teknik ini menggunakan prinsip frame to frame seperti animasi 2 dimensi. Pengerjaannya sama dengan animasi pada umumnya yaitu mengatur frame per frame gambar. Namun yang membedakan disini adalah cara menghidupkannya / animatenya. Jadi dapat disimpulkan Stop Motion Animation adalah Tehnik membuat animasi / Film / movie yang dibuat seolah - olah potongan-potongan gambar menjadi saling berhubungan satu sama lain nya sehingga membentuk suatu Gerakan bahkan Cerita.

Animasi pada umumnya memiliki gerakan-gerakan yang lincah, namun jika mengerjakan menggunakan stop motion gerakan tidak akan tampak lincah karena keterbatasan gerak objek. Pada umumnya animasi awalnya bukan video namun melainkan kumpulan gambar yang berurutan sehingga akhirnya menjadi sebuah video. Begitu pun dengan stop motion yang juga terdiri dari kumpulan gambar yang berurutan. Namun kumpulan gambar yang didapatkan dalam stop motion tidak lah sehalus pengerjaan animasi dengan komputer. Gerakannya terkesan patah - patah. Karena pengambilan sebuah gambarnya memerlukan penggerakan objek secara manual.

Dalam perkembangannya, stop motion animation sering disebut juga claymation, karena animasi ini sering menggunakan clay (plastisin/tanah liat) sebagai objek yang digerakkan. Berdasarkan teknik penggarapannya, selain limited animation, dan teknik yang paling baru adalah CGI atau Computer Generated Imagery, penggarapan animasi dengan teknik stop motion sebenarnya tergolong paling kuno dan sangat sederhana sekali. Tidak diperlukan satu keahlian khusus dalam membuatnya, yang paling dibutuhkan dalam pengerjaannya teliti dan telaten. Animasi ini bukan animasi yang bisa dibuat dalam waktu singkat. Namun, semua orang bisa mencobanya. Peralatan yang dibutuhkan hanyalah kamera foto atau kamera video tipe apa pun, tripod atau apapun yang dapat menyanga kamera tepat pada tempatnya, dan yang paling penting adalah objeknya. Sederhana, bukan? Cukup dengan menggunakan tangan sendiri, kita pindahkan posisi objek berupa boneka, model, atau gambar secara perlahan-lahan. Dan setiap pergerakan itu direkam dengan kamera foto ataupun kamera video. Nah, ketika hasil rekaman itu kita susun berurutan, maka yang tercipta adalah kesan seolah-olah objek bergerak dan hidup.

Kelebihan animasi stop motion :
1. Siapapun dapat membuatnya
2. Tidak diperlukan peralatan yang mahal.
3. Kamera
4. Tripot

Kelemahan stop motion animasi :
1. Konsep pengerjaan lama
2. Konsep harus matang
3. Diperlukan keahlian tinggi dan ketelatenan tinggi
4. Keterbatasan gerak obyek

Hal hal yang di perlukan untuk membuat Animasi Stop Motion:

1.Kamera
2. Trypod
3. Object / objek
4. Computer / Leptop
5. Software pembuat movie dan animasi contoh ( Windows Movie Maker,Adobe Flash , Jelly Cam dll.


2 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com